Khasiat buah Duwet (jamblang) dan Cara Menikmati

Khasiat buah Duwet dan Cara Menikmati dengan Nikmat
Pa
ra wisatawan…kali ini saya akan ajak anda berwisata pengobatan tradisional,…nahhhh saatnya kita melirik potensi obat tradisional buah jambang.
Dhuwet,  orang Jawa menyebutnya, ada juga yang mengatakan Jamblang, salah satu buah yang menjadi favorit saya ketika masih kecil dulu. Di sepanjang jalan dan pekarangan banyak sekali tumbuh pohon dhuwet. Dan pohon itu akan berbuah setahun sekali, hampir selalu bersamaan dengan musim buah mangga.
Dhuwet memiliki warna yang hijau ketika masih muda dan hitam ketika sudah masak. Karena warnanya yang hitam ini, banyak orang yang menyebutnya sebagai anggur Jawa. Dari segi rasanya hmmmm jangan ditanya enak.


(foto: flickr.com)

Dari segi rasa ada beberapa jenis dhuwet, yaitu rasanya manis, asem, dan dayang sepet….kaya nano- nano ya. Ketika sudah masak buah ini juga mudah rontok sehingga tanah disekitar pohon dhuwet biasanya akan kotor dan berwarna kehitam-hitaman.
Eiittt ternyata ada juga buah duwet londo…soalnya warnanya putih…tapi meski beda warna rasanya tetap sama.


(duwet londo. foto:yumantoko.blogspot.com)

Buah Duwet bisa langsung dimakan setelah diambil dari pohonnya. Tetapi ada cara memakan dhuwet agar menjadi lebih nikmat.

Cara Mengkonsumsi dhuwet yang enak:
1.    Ambil buah dhuwet kemudi cuci dengan air bersih. Setelah bersih rendamlah buah dhuwet ini dengan air hangat yang sudah digarami. Setelah beberapa menit buanglah air garam itu, lalu silakan dinikmati buah dhuwet yang maknyussss itu.
2.    Ada juga cara yang lebih ekstrim: setelah buah dhuwet bersih masukkanlah garam secukupnya. Lalu kocoklah agar garam bisa merata pada luruh buah dhuwet. Lalu makanlah buah dhuwet itu.

Buah duwet
(foto:manfaat-buahsayuran.blogspot.com)

Setelah selesai makan dhuwet, jangan lupa berdiri di depan cermin, julurkanlah lidahmu dan lihat apa yang akan terjadi……

Selain nikmati, buah duwet ternyata juga mengandung berbagai khasiat (Dikutip dari pondokibu.com):   1.  Mencegah kelebihan kolesterol jahat di dalam tubuh
2.    Menyembuhkan luka diabetes

Caranya:
a.    15 butir biji duwet dihaluskan lalu direbus. Bagi menjadi tiga hasil rebusan itu, lalu minum satu hari satu  bagian. Ulangi terus sampai badan terasa enak
b.    Kulit pohon duwet (250 gr) yang basah dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa dua gelas. Saring lalu minum sedikit-sedikit sampai habis dalam satu hari

3.    Obat Sariawan:
Rebuslah kulit kayu atau daun duwet secukupnya. Jika suah dingin  gunakanlah berkumur-kumur sebanyak 3-4 kali sehari.

4.    Ngompol:
bagi anak-anak atau anda yang masih suka ngompol, bisa dibantu penyembuhannya dengan cara. Tujuh butir biji duwet dihaluskan, direbus menggunakan 2 cangkir air , tambah gula Jawa. Rebus sampai air tersisa separuhnya. Minum 1 cangkir setiap sore hari sore sampai sembuh.

Itu semua hanya sarana dan upaya untuk menyembuhkan, yang berhak menyembuhkan hanya Tuhan. untuk itu mohonlah kesembuhan pada Allah Tuhan yang maha Penyembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>