MUSEUM DIRGANTARA MANDALA: mengenal seluk Beluk Penerbangan Dunia

MUSEUM DIRGANTARA MANDALA
Dalam rangka mengenalkan masyarakat tentang dunia penerbangan dan kekuatan angkatan udara Indonesia maka TNI AU membuat museum dirgantara yang diresmikan 4 April 1969 di Jakarta. Akan tetapi atas berbagai pertimbangan maka museum ini dipindahkan ke Yogyakarta ( 29 Juli 1978). Sampai saat ini MUSEUM DIRGANTARA MANDALA terdapat lebih 10.000 koleksi alutsista dan 40 pesawat terbang dari negara barat sampai timur.
dirgantara (foto:jogjaholidays.com)
Berbagai koleksi tersebut antara lain pesawat WEL RI X, yang merupakan pesawat  produksi pertama putra putri Indonesia tahun 1948 oleh Biro Rencana dan Konstruksi, Seksi Percobaan Pembuatan Pesawat Terbang, Magetan, Madiun. Pesawat ini menggunakan mesin Harley Davidson 2 Silinder tahun 1928. Lalu Pesawat Pembom Guntai direbut dari Jepang ketika Belanda melakukan blokade terhadap dirgantara Indonesia, pesawat ini juga melaksanakan pemboman terhadap lawan di Semarang tanggal 29 Juli 1947. dan lain sebagainya.
baru (Psw. WEL RI Xfoto:jogjawisataeducation.blogspot.com)
Selain itu terdapat pula berbagai koleksi seperti diorama-diorama, lukisan-lukisan, tanda-tanda kehormatan, foto-foto yang disusun berdasarkan kronologi peristiwa.
Jika anda menginginkan berfoto ala pilot (sampai Juni 2013 dikenakan tarif Rp.1.000/kamera) atau sekedar mencoba-coba naik pesawat, juga dipersilakan. tentunya ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi anda dan keluarga anda.

Jam Kunjungan:
Setiap hari: 08.30 – 15.00

Harga Tiket Masuk (HTM) Museum Dirgantara Mandala pada tahun 2013:
–    Rp 3000/ orang
–    Rp 2000 (jika rombongan minimal 30 orang)
museum-dirgantara-depan (foto:yogyakarta.panduanwisata.com)
Alamat:
MUSEUM PUSAT TNI AU DIRGANTARA MANDALA
Lanud Adisutjipto Yogyakarta Telp. 0274 – 484 453

Cara menuju Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta:
1.    Dari Bandara adisucipto menuju Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta: keluar melalui pintu bawah tanah lalu jalan naik becak (Rp.5000) atau jalan kaki sekitar 2,5 km
2.    Dari terminal giwangan menuju Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta: naik bus jurusan Yogya-Solo turun di depan museum (Rp.3000)
3.    Dari terminal Jombor menuju Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta: Naik bus jurusan Yogya-Prambanan turun di depan museum (Rp.3000)
4.    Dari stasiun lempuyangan menuju Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta: naik bus trans Jogja turun di halte Janti lalu jalan kaki sekitar 200m ke arah Timur
5.    Dari stasiun tugu menuju Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta: naik bus trans Jogja turun di halte Janti lalu jalan kaki sekitar 200m ke arah Timur

Tempat Wisata sekitar Museum Mandala:
1. Candi Ratu Boko
2. Candi Prambanan
3. Kebun Binatang Gembira Loka

Diolah dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>