Resep dan Khasiat Urap Jantung pisang

Resep dan Khasiat Urap Jantung pisang

Lagi, kita akan melihat wisata kuliner khas di wilayah Indonesia, khususnya masyarakat Jawa dan Jogja.
Sekarang kita akan membicarakan bahan makanan yang sering dibuang-buang oleh banyak orang karena danggap tidak memiliki manfaat.  Yaitu jantung pisang (orang jawa menyebutnya Tuntut). Jantung pisang adalah bakal buah pisang (bunga pisang yang berbentuk persis seperti roket.
Jantung pisang ini biasanya dibuang sembarangan. Padahal jika diolah bisa menjadi pengganti makanan bagi manusia. Olahan jantung pisang pada umumnya dijadikan sebagai sayur. Berikut ini beberapa macam olahan jantung Pisang:

(foto:trekearth.com)

Bahan-bahan:
–  1 buah Jantung pisang yang sudah dikupas bagian terluarnya (sekitar 3-4 lembar kulit terluar). Kemudian iris tipis-tipis, cuci bersih. Dan kukuslah sampai empuk
–  Kelapa muda parut

Bumbu:
4 buah cabai merah keriting
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
2 cm kencur
2 lbr daun jeruk, dibuang tulangnya
1 1/4 sendok teh garam
gula merah
==== haluskan semua bumbu
Cara membuat:
Campurlah jantung pisang yang sudah dikukus dengan bumbu yang sudah dihaluskan sampai merata. Lalu hidangkan dan makanlah dengan nasi atau tanpa nasi.


(foto:commons.wikimedia.org)
Selesai.

Demikianlah Resep/cara membuat Urap Jantung pisang. Sangat mudah bukan ?
Oh iya selain enak dimasak, jantung pisang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat: Jantung pisangJantung pisang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mudah dicerna dan bisa menahan lapar lebih lama. sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika anda akan berpuasa atau sedang menjalani program diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>