Wisata Malioboro dan Transportasinya

Salah satu tujuan utama wisata di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Malioboro adalah salah satu jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta (panjangnya kurang lebih 2 km). Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Malioboro dan Jalan Jend. A. Yani. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta yang menghubungkan Gunung Merapi-tugu (kraton)- Laut selatan.

Beberapa obyek bersejarah di kawasan tiga jalan ini antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.
Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas jogja dan warung-warung lesehan di malam hari yang menjual makanan gudeg khas jogja serta terkenal sebagai tempat berkumpulnya para Seniman-seniman-seniman yang sering mengekpresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, hapening art, pantomim dan lain-lain disepanjang jalan ini.

Cara Menuju Jalan Malioboro
– Dari Bandara Adisucipto
a. Kereta api Prameks (tarif Rp.10.000 lewat setiap 30 menit) atau Madiun Jaya (tarif tiket Rp. 20.000). Untuk mencapai loket pembelian tiket, silakan berjalan melalui pintu keluar yang berupa lorong.
b. Bus (Tans Jogja) tiket Rp.3.600 (setiap 15 menit). Untuk menuju loketTrans Joga, silakan berjalan melalui pintu keluar yang berupa lorong.
c. Taksi (Tarif sekitar Rp.40.000). jika anda menggunakan taksi lebih baik memilih taksi yang menggunakan argo (misalnya Jazz Taxi telepon 373737). Rata-rata taksi bandara tidak mau menggunakan argo, jadi anda harus pandai-pandai melakukan tawar menawar
d. Ojek Motor (tarif sekitar Rp.20.000 tergantung nego)

– Dari Stasiun Tugu
Jarak antara stasiun Tugu dengan Malioboro kurang lebih 100 meter. Stasiun ini hanya diperuntukkan bagi penumpang kereta api antar kota yang Bisnis dan Eksekutif, Prameks, Madiun Jaya. Dan anda bisa memilih beberapa alternatif berikut ini
a. Berjalan kaki
b. Naik Becak (biaya kurang lebih Rp.10.000
c. Naik Andong (biaya kurang lebih Rp.20.000

– Dari Stasiun Lempuyangan
Jarak antara stasiun Lempuyangan dengan Malioboro kurang lebih 500 meter. Dan anda bisa memilih beberapa alternatif berikut ini. Biasanya kereta api jenis Ekonomi dari kota lain berhenti di stasiun ini.
a. Berjalan kaki
b. Naik Becak (biaya kurang lebih Rp.10.000)
c. Naik Andong (biaya kurang lebih Rp.20.000- Rp. 30.000

– Dari Terminal Bus Giwangan: Naik trans Jogja Route 3A (Tiket Rp.3600)
– Dari Terminal bus Jombor: Naik trans Jogja Route 2A (Tiket Rp.3600)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>